Hijau lewat Samarinda Berkebun

kali ini aku akan berbicara sebuah komunitas. di pelopori oleh seorang Ibu rumah tangga yg menurutku sangat lincah dan always mengedepankan sosialisasi antar manusia, ibu rumah tangga yg bernama Hanny ini telah membuat segelintir orang utk menanam di lahan “tidur”. aku mengenal Ibu Hanny sejak aku membuat group Bubuhan Samarinda di Facebook. beliau sudah aktif, sibuk dan banyak mengeluarkan lelucon segar dengan ciri khas orang banjar. Sayang, Group Bubuhan Samarinda telah menjadi tempat jual beli. Melenceng jauh dari misi dan visi yg ku buat utk silaturahmi dan tukar informasi.

Tepat 3 oktober 2011, Bu Hanny meresmikan kegiatan dalam komunitas Samarinda Berkebun dengan cara mengumpulkan beberapa rekan lewat group BBM dan twitter, mengajak utk menanam beberapa tanaman seperti sawi, kangkung, bayam dan tanaman organik lainnya. aku pun mendapati beliau lewat mention tweet @smdberkebun beberapa hari yg lalu. beliau langsung mengajakku utk masuk dalam group BBM Samarinda Berkebun utk silaturahmi.

Menurutku kegiatan ini harusnya mendapat tanggapan positive oleh anak-anak muda ataupun kaum mahasiswa/i dengan turut serta action utk menanam secara rutin dan terkoordinir dengan cara mereka bergabung atau buat bentuk komunitas baru. terus terang aku iri banar (bhs banjar artinya; betul/banget) dengan beliau. berani berbicara dan action untuk menghijaukan umumnya Samarinda dan khususnya lahan tidur di komplek perumahan. ini adalah kegiatan sangat bijak dan dewasa ketimbang teriak2 di pinggir jalan dengan membawa spanduk bertuliskan “stop kegiatan tambang” . karena demo ataupun orasi jarang didengar oleh pemerintah. orientasi uang telah “menulikan” telinga mereka utk segala macam aspirasi yg diteriakan.

Samarinda berkebun adalah salah satu contoh orasi aksi positive yg mestinya semua masyarakat harus ikut bergabung dan turut serta menanam minimal di lingkungan masing2. mungkin publikasi terhadap @smdBerkebun mesti lebih luas dan besar, secara tidak langsung mengajarkan kepada pihak lain agar masyarakat Samarinda jangan selalu mengeluh dengan debu dan banjir setiap kali setelah hujan deras, tetapi melakukan aksi serupa. mungkin dengan satu kawasan 50% umat bernaung disana menanam satu pohon, 3 tahun kedepan Samarinda akan kembali hijau. dan generasi seterusnya akan menikmati segarnya udara Samarinda.

Bukan @smdBerkebun saja yg telah bergerak. ada Surabaya, Medan, Makasar, Bali, Aceh dan kota lainnya yg tergabung dalam satu naungan yaitu Indonesia Berkebun.

Bu Hanny ingin menyampaikan lewat Samarinda berkebun ini kita mempunyai manfaat ganda. selain utk penghijauan ditengah kota, Bu Hanny juga ingin memberikan contoh bahwa dengan berkebun mendapat manfaat pentingnya kesehatan dengan bertanam organik dari hasil kebun sendiri. Bu Hanny ini telah melakukan utk memelihara keluarganya sendiri, beliau bersama suami telah berkebun dari tahun 90an dan mendapatkan manfaat kesehatan yg cukup besar buat keluarganya.

Pada tgl 13 November lalu, Samarinda berkebun melakukan kegiatan menanam utk kesekian kalinya. mayoritas kehadiran anggota adalah ibu2 rumah tangga maupun karir dan berumur diatas 25 tahun keatas. Itupun aku mengetahui dari foto2 yg mereka kirim karena aku tak dapat hadir (karna berada di kota tetangga). kegiatan ini lebih positive bagi Ibu2 rumah tangga ketimbang kumpul2 arisan atau menonton acara gosip/sinetron. Applause buat Bu Hanny yg telah menjalankan aksinya lewat @smdBerkebun.

Suatu saat nanti jika aku ke Samarinda utk berkunjung ketempat orangtuaku, Insyallah aku akan ikut bergabung bersama komunitas @smdBerkebun untuk ikut menanam dan “mencabuli” lahan tidur utk di tanami bibit utk penghijauan.

Mereka punya group Facebook. bisa klik ini

 

spanduk

One comment on “Hijau lewat Samarinda Berkebun

Tulis aja komentar disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s